Tahun 2015, Penjualan Dekranasda Jatim Tembus 1 M

c-dekranasda jatim

Surabaya – Wakil Ketua Dekranasda Prov. Jatim Dra. Hj. Fatma Saifullah Yusuf mengatakan, Dekranasda Prov Jatim tahun 2015 telah berhasil menjual barang-barang hasil produksi UKM mencapai  Rp1.376.330.050. Hasil penjualan sebesar itu berasal dari penjualan barang-barang yang dipamerkan di gedung showroom Dekranasda Provinsi Jatim.

“Penjualan tahun ini meningkat jika dibandingkan tahun 2014 lalu yang sebesar Rp1.177.1700.330,- atau naik sekitar 12%. Oleh karena itu, tahun 2016 ini diharapkan hasil penjualan hasil produk UKM se Jatim yang dipamerkan di gedung Dekranasda provinsi Jatim akan terus naik, sehingga UKM Jatim bisa terus berkembang dan akan bertambah jaya,” ungkap Fatma Saifullah Yusuf disela tasakuran  memperingatai HUT Dekranasda ke 36 di Kantor Dekranasda Prov. Jatim Jl. Kedungdoro Surabaya, Kamis (3/3/2016).

Menurutnya, sesuai dengan fungsi dan tugasnya keberadaan Dekranasda Jatim adalah sebagai  wadah atau kepanjangan tangan pemerintah untuk memasarkan hasil-hasil produk UKM, baik pasar dalam negeri maupun pasar luar negeri. Untuk itu, keberadaan showroom dekranasda harus benar-benar dimanfaatkan sebagai tempat mempromosikan atau memamerkan hasil produk UKM yang sekaligus digunakan tempat transaksi jual beli produk dari produsen ke konsumen.

“Melalui dekranasda, diharapkan produk UKM lebih mudah untuk dikenal pasar dan dicari masyarakat/konsumen. Untuk itu, peran dan eksistensi serta keberadaan dekranasda harus lebih diperkuat  sehingga perannya dapat dirasakan utamanya oleh para UKM di Jawa Timur,” ujarnya.

Fatma Saifullah Yusuf menambahkan, usia ke 36 tahun adalah menunjukkan kematangan dalam  berfikir dan berpengalaman dalam bertindak. Utamanya untuk mengembangkan kerajinan-kerajinan  yang ada di Jatim.

“Dalam mengembangkan kerajinan di Jatim, Dekranasda tidak boleh meninggalkan kearifan lokal atau budaya yang kita miliki. Karena hal itu nantinya yang bisa bersaing di era globalisasi atau  bersaing di pasar bebas (MEA). Jadi kerajinan yang  dikembangkan nanti harus benar-benar memunculkan ke khasan budaya lokal Jatim, karena hal itulah yang bisa menjadi khasanah kedepan dan bertaraf nasional,” pungkasnya.

Sumber: http://www.smartbisnis.co.id/content/read/berita-bisnis/umum/tahun-2015-penjualan-dekranasda-jatim-tembus-1-m

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s