Yasa Singgih, Pengusaha Termuda yang Masuk Daftar Forbes Asia

c-yasa singgih1

Belum lama ini, Forbes mengeluarkan daftar 30 anak muda di Asia yang berusia di bawah 30 tahun yang mampu memberi warna lain di berbagai bidang, termasuk e-commerce dan ritel. Luar biasanya, ada pengusaha termuda yang masuk daftar ini. Dia adalah Yasa Paramita Singgih. Anak muda Indonesia berusia 20 tahun ini merupakan pendiri clothing line Men’s Republic.

Lalu bagaimana kehidupan Yasa Singgih dalam merintis bisnisnya? Simak kisahnya berikut.

“Never too young to become a billionaire.”

Itulah yang menjadi prinsip hidup bagi pria kelahiran Bekasi, 20 tahun yang lalu. Ia adalah anak ke 3 dari 3 bersaudara dari pasangan Marga Singgih dan Wanty Sumarta. Ia lahir di keluarga yang berkecukupan dan sederhana. Pada awalnya ia tidak pernah terpikir untuk menjadi pengusaha karena latar belakang keluarga yang bekerja sebagai profesional. Namun serangan jantung yang menimpa Ayahnya pada tahun 2011 membuatnya memutuskan untuk hidup mandiri agar tidak membebani orang tua.

Sejak berusia 15 tahun ia memutuskan mulai mencari uang sendiri dengan bekerja part time menjadi MC dan di beberapa EO milik teman. Ia dibayar Rp 350.000 untuk sekali tampil membawakan acara. Di usia yang sama ia juga mulai berjualan lampu hias secara online, namun tak lama kemudian usaha lampu hiasnya tutup lantaran supplier tidak dapat menyediakan barang lagi.

Pada usia 16 tahun Yasa banting setir ke usaha fashion bermodal meminjam barang dari pedagang pedagang di Tanah Abang. Usaha fashionnya ini sempat naik daun sehingga Yasa memiliki modal cukup banyak untuk membuka usaha baru di bidang kuliner di usia 17 tahun. Namun sayangnya tak sampai setahun usaha kuliner yang bernama ‘Teh Kopi’ tersebut bangkrut dengan total kerugian lebih dari 100 juta rupiah yang harus ia tanggung di usianya yang ke 18 tahun. Tidak adanya manajemen keuangan yang baik membuat kedua bisnisnya harus kolap, disamping itu juga ia masih belum bisa membagi waktu antara sekolah dan bisnis yang membuatnya tidak fokus.

Kebangkrutan yang dialami ternyata tidak membuat Yasa putus asa dalam berbisnis, di usia 19 tahun ia bangkit lagi dengan bisnis fashionnya dan ternyata berkembang hingga sekarang. Berkat ketekunan yang tak kenal lelah dan pembelajaran dari pengalaman diri sendiri dan aktif belajar ke banyak tempat, kini Yasa memiliki kendaraan bisnis bernama Men’s Republic, sebuah brand fashion pria khusus anak muda yang bergerak di dunia online. Men’s Republic menyediakan berbagai macam produk khusus pria seperti sepatu formal, celana dalam, jaket dan juga sandal pria. Dari bisnis Men’s Republic, ia mendapatkan pemasukan yang cukup besar. Omzet tiap bulannya bisa mencapai ratusan juta rupiah dengan laba bersih sekitar 40%.

Pelanggan brand Men’s Republic sudah ada di seluruh kota besar Indonesia dan juga ke luar negeri seperti Hongkong, Macau, Taiwan, Malaysia & Filipina. Ia pun kini sudah mendirikan perusahaan bernama PT Paramita Singgih untuk menaungi bisnisnya tersebut.

Ke depannya, Yasa sudah menyiapkan planning untuk mengembangkan bisnisnya, termasuk beberapa produk baru yang akan ia buat, seperti ikat pinggang dan celana. “Yang pasti, saya mau memperluas pemasaran dan memantapkan konsep bisnis karena Men’s Republic bukan sekadar online shop,” pungkasnya. (nas)

Sumber: http://www.smartbisnis.co.id/content/read/belajar-bisnis/yasa-singgih-pengusaha-termuda-yang-masuk-daftar-forbes-asia

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s