3 Tips Marketing dari Brand Sukses

ptg04227042.jpg

Media sosial tidak hanya membuat kita aktif berkomunikasi dengan sahabat, rekan kerja atau kerabat yang tinggal berjauhan. Lebih dari sekedar fungsi komunikasi, banyak pula brand bisnis yang sukses menggunakan media sosial sebagai sarana marketing modern.

Lantas hal apa yang kita harapkan saat mem-follow akun media sosial suatu brand?

Kita tentu tidak puas dengan informasi seputar produk terus menerus. Karena brand bisnis yang modern dan konseptual akan menyajikan beragam informasi lain di luar produk yang dipasarkan. Hendaknya strategi tersebut dipahami dan dicontoh oleh sejumlah brand bisnis baru yang sedang giat melakukan proses marketing. Trik marketing yang bisa dipelajari dari sejumlah brand ternama yaitu:

1. Brand yang Punya Passion dan Visi yang Jelas

Passion dan visi yang jelas akan membawa suatu brand bisnis kepada proses marketing yang smooth namun tetap efektif. Brand tersebut tidak perlu bersikeras untuk mengunggul para kompetitornya dengan berbagai cara. Karena hanya butuh cara khusus yang efektif untuk menjangkau pangsa pasar yang mereka inginkan.

Salah satu contoh riil yang bisa kita lihat adalah mengenai salah satu produsen minuman ringan dan olahraga Pocari Sweat yang sangat rutin meng-update kegiatan yang terkait produk mereka menggunakan media sosial. Mereka menggunakan Twitter, Facebook dan Instagram untuk berbagai informasi, sharing, interaksi dengan kuis atau bahkan live event yang dilakukan atlet dalam suatu lomba, yang terakhir misalnya Pocari menggandeng artis Melani Putria dan Agus Prayogo, pelari jarak jah nasional dalam lomba marathon di Jepang (tentunya Pocari Sweat tetap sebagai media promosi).

Contoh lain adalah apparel olahraga asal Jerman, Adidas. Apa yang dilakukan oleh mereka di media sosial mencerminkan kematangan mereka dalam melakukan marketing. Trik yang sering dilakukan adalah dengan cara membuat content video di Twitter, Facebook maupun Instagram yang mampu menarik followers dengan cepat dan juga menjadikan atlet yang disponsori oleh Adidas untuk menjadi model di media sosial mereka. Siapa yang tidak ingin menjadi Lionel Messi dengan memakai Adidas Messi 10/10 atau Adidas Adizero F50 Messi? Atau ingin mencoba betapa kuat dan elastisnyanya sepatu tenis milik Angelique Kerber, sang Juara Australia Open 2016 dengan mengalahkan Serena Williams?

2. Menciptakan Identitas Branding yang Khas

Identitas branding yang khas dan unik akan membuat semua orang terus mengingat brand bisnis yang kita populerkan. Tengok saja konsep Pecel Lele Lela yang menjajakan sajian ikan lele yang berbeda dengan yang sudah ada. Ikan lele yang sejak dahulu menjadi makanan pinggir jalan perlahan ingin diubah image-nya menjadi makanan orang berada. Rangga Umara, sosok dibalik itu semua. Inovasi dan kreativitas dilakukan terhadap menu demi menimbulkan ketertarikan dan taste yang berbeda dari lele, dari mulai Pecel Lele, Lele Saus Padang, Lele Goreng Tepung, Lele Saran Tawon, Lele Mayonaise, Lele Bumbu Cabe Ijo, Lele Fillet Kuah Tom Yam, dan lain-lain. Sangat unik bukan?

Bagi sebagian orang yang sudah mengobati rasa penasarannya terhadap lezatnya variase lele Pecel Lele Lela akan mengenang produk tersebut sebagai salah satu brand yang mampu menciptakan identitas yang unik dan original. Bila Pecel Lele Lela sukses memperbesar brand-nya melalui cara yang sederhana, tentu saja brand besar lainnya juga dapat berupaya melakukan hal yang lebih kreatif lagi.

3. Tampilkan Brand Secara Transparan

Brand yang menjalankan proses bisnis secara jujur tentu tidak segan-segan untuk memperlihatkan proses nyata tersebut kepada para pelanggan dan pengguna media sosial lainnya.

Menampilkan brand secara jujur dan transparan juga dilakukan oleh salah satu brand donat populer di Indonesia, J.Co. Dengan mengetengahkan konsep open kitchen yang belum pernah digunakan oleh para kompetitor di bidang sejenis, J.Co berhasil meraih perhatian masyarakat dan akhirnya mulai mengungguli persaingan di bidang bisnis donat. Konsep open kitchenmemperlihatkan bahwa produk donat J.Co menggunakan bahan baku berkualitas dan diolah dengan SOP (Standar Operation Procedure) yang jelas.

Ketiga poin mengenai trik marketing tersebut perlu dijalankan untuk memperjelas strategi media sosial yang hendak dijalankan. Mulai mengelola tim media sosial khusus juga bisa menjadi langkah yang baik untuk memulai proses marketing secara modern.

Sudah saatnya bagi kita untuk mengelola brand bisnis dengan trik marketing dan pemanfaatan media sosial secara modern. Bersikap terbuka dengan perkembangan zaman bisa menjadi kunci kesuksesan suatu brand di masa mendatang. (nas) 

Have a great business!

Sumber: http://www.smartbisnis.co.id/content/read/belajar-bisnis/3-tips-marketing-dari-brand-sukses

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s