10 Cara Manfaatkan Waktu Setelah Bekerja

crbs1230255

Selama hidup, kita selalu berjuang untuk mendapatkan prestasi/penghargaan dalam karir dan kita pun mengajarkan kepada diri kita sendiri bagaimana cara untuk meraih tujuan sesuai ambisi kita. Menjadi orang sukses dalam hidup membuat Anda bahagia, sama ketika kita gajian pada akhir bulan. Dengan begitu Anda bisa mengajak keluarga Anda berlibur, menikmati indahnya kehidupan dan membeli barang yang tidak terlalu penting untuk membuat diri Anda bahagia.

Namun dalam hidup yang Anda jalani, Anda harus melupakann apa yang akan terjadi nanti, sukses tidak akan berarti apa-apa jika melupakan apa yang kita cintai. Biarkan dia melupakan Anda. Anda tidak terlalu sibuk untuk mengerjakan suatu hal yang Anda inginkan setelah pulang kerja, tetapi yang Anda butuhkan adalah ‘panduan kecil’ untuk membantu Anda memanfaatkan keterbatasan waktu luang Anda.

 

1. Akhiri jam kerja Anda tepat waktu

“Jangan biarkan bekerja/mencari nafkah mencegah Anda untuk menikmati hidup”. –John Wooden

Bekerja lembur tidak membawa apa-apa selain hasil buruk, dan itu menjadikan mustahil untuk mendapatkan waktu pribadi Anda. Seperti jika Anda merencanakan banyak hal, jika Anda bekerja lembur Anda tidak akan memiliki banyak waktu untuk mengerjakan hal lain selain pulang bekerja Anda akan langsung tertidur dan terbangun pagi harinya.

Jika Anda ingin mendapatkan cukup energi untuk membagi sebagian waktu bekerja Anda, selesaikan pekerjaan tepat waktu dan pulang ke rumah, Anda akan lebih bisa mengatur jadwal Anda lebih baik.

2. Istirahat 30 menit

Saat ini, entah mengapa semua orang selalu dikejar-kejar waktu, efeknya Anda menjadi tidak memiliki waktu untuk santai dan beristirahat. Bahkan untuk minum kopi bersama teman selama 30 menit kemudian kembali lagi bekerja pun sepertinya sulit. Kapan terakhir Anda duduk menyendiri di dalam ruangan yang sunyi dan biarkan pikiran Anda menerawang?

Cara untuk mengataso stres yang melanda setiap harinya, Anda perlu mengevaluasi kegiatan Anda setiap harinya. Jika tidak, Anda akan menimbun hal-hal negatif, mengerjakan sesuatu hal ketika tiba di rumah sampai Anda melupakan semuanya. Namun itu tidak berarti mengganggu kesadaran Anda.

Jadi, cobalah untuk duduk selama 30 menit, minum secangkir kopi/teh hangat dan bebaskan diri Anda dari hal-hal yang mengganggu. Dengan cara ini Anda akan mengistirahatkan pikiran Anda, menjadikan pikiran Anda lebih segar dan siap untuk menghadapi masalah.

3. Rencanakan kegiatan minggu depan Anda pada akhir pekan

Kita cenderung merencanakan banyak hal dalam minggu ini, tapi terkadang melupakan kegiatan yang akan datang. Karenanya, Anda harus merencakan hidup Anda pada akhir pekan.

Rencana makan malam bersama teman/keluarga kemudian setelah itu tidak lupa untuk mengecek email dan pesan untuk memastikan tidak ada yang terlewatkan.

4. Katakan ‘Tidak’

“Ketika Anda berkata ‘YES’ kepada orang lain, pastikan Anda tidak berkata ‘NO’ pada diri Anda sendiri.” – Paulo Coelho

Anda tidak memiliki cukup waktu setelah bekerja untuk melakukan apa yang Anda inginkan, jadi Anda perlu belajar berkata ‘No’ kepada orang untuk menyelamatkan akhir pekan Anda. Yakinkan bahwa Anda ingin bertemu dengan orang tua, teman, saudara sepupu atau tetangga rumah, quality time Anda bersama keluarga.

5. Tulis Blog

Sekarang, hampir sebagian orang mempunyai blog untuk menuangkan opini mereka. Jika Anda menanyakan kenapa orang seperti itu, maka Anda harus memulai menulis blog. Menulis pemikiran kita dan berbagi bisa membantu untuk mencairkan situasi tertentu dan mengingatkan apa yang Anda rasakan dalam hidup Anda.

6. Ketahui prioritas Anda

Jangan abaikan hal yang penting dalam hidup Anda hanya karena sesuatu yang datang tiba-tiba. Jika Anda menginginkan sesuatu, Anda akan menbuat hal itu terjadi. Cara terbaik untuk membuat hal itu terjadi adalah jangan biarkan sesuatu hal diluar prioritas mengganggu pikiran Anda.

7. Sesuaikan rencana

Memiliki kehidupan di luar pekerjaan sangatlah penting. Di kala luang, Anda bisa ‘mengisi baterai’ Anda dengan melakukan apa yang menjadi hobi Anda atau melakukan kegiatan menyenangkan bersama keluarga. Ketika merencanakan sesuatu event, pastikan jangan sesuaikan jadwal personal Anda ke mereka, tetapi sebaliknya.

8. Olahraga sebelum bekerja

Dengan melakukan ‘latihan’ sebelum bekerja Anda akan menghilangkan waktu setelah pulang kerja dengan melakukan tanggung jawab lainnya, di saat yang bersamaan Anda akan menyiapkan diri Anda untuk mengahadapi stres pekerjaan. Dengan ini juga Anda bisa meningkatkan produktivitas dan juga membuat Anda tetap tenang dan fokus.

9. Jauhi sosial media dan matikan laptop Anda!

Berlama-lama bergelut dengan sosial media, melihat halaman utama dan juga chatting mebuat Anda lupa waktu dan itu kebiasaan yang buruk. Jika Anda ingin lebih produktif, gunakan akun sosial media Anda; Facebook atau Twitter untuk mempromosikan diri Anda atau perusahaan.

10. Jangan merencanakan banyak hal

Orang akan menjadi kacau balau dan tidak terorganisir ketika merumuskan rencana dalam semalam. Pilah mana yang menjadi prioritas sehingga Anda akan mudah merumuskan rencana mana yang akan dijalani terlebih dahulu, sehingga tidak ada rencana yang batal atau tertunda. (nas)

Sumber: http://www.smartbisnis.co.id/content/read/belajar-bisnis/inspirasi-bisnis/10-cara-manfaatkan-waktu-setelah-bekerja

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s