Fakta Mengenai Gerhana Matahari dengan Bisnis

ptg04287101.jpg

Siang hari akan berubah menjadi malam bagi jutaan orang, saat bulan melintas tepat di depan matahari dan menyebabkan gerhana matahari total.

Sebuah fakta mengungkapkan bahwa gerhana matahari ternyata tidak akan pernah terulang dua kali pada tempat yang sama dari suatu titik di permukaan bumi. Walaupun dapat terulang, namun jenis gerhana yang akan terlihat di tempat tersebut akan berbeda. Gerhana tipe yang sama akan kembali lagi, tapi lintasannya akan bergeser.

Pada hari Rabu, 9 Maret 2016, penduduk di beberapa bagian Australia dan Asia Tenggara akan dapat menyaksikan gerhana matahari total ini. Di Indonesia, fenomena alam ini bisa dilihat dari kota-kota di Indonesia, meskipun hanya parsial. Sedangkan kota-kota yang akan dilalui langsung diantaranya adalah Palembang, Belitung, Bangka, Balikpapan, Palangkaraya, Sampit, Luwuk, Tidore, Palu, Ternate, Poso, dan Halmahera.

Begitu juga dengan bisnis, kesempatan untuk berbisnis tidak akan datang dua kali, kesempatan bisnis memang banyak tetapi tidak akan sama jika kita menunda ketika ‘momen’ untuk mulai menjalankan usaha sudah muncul. Perlu waktu untuk mendapatkan inspirasi itu kembali. Jenis, tipe dan usaha bisnis yang akan dijalankan tidak akan sama lagi keadaannya jika terlalu lama mengambil keputusan, karena keadaannya akan berbeda.

Lalu bagaimana peluang bisnis yang bisa dimanfaatkan dengan adanya fenomena gerhana matahari ini?

Gerhana matahari total merupakan fenomena alam saat posisi matahari, bulan, dan bumi berada pada satu garis lurus. Fenomena ini dapat diprediksi waktu dan tempat terjadinya. Untuk memperkirakan keberulangannya secara global, gerhana dikelompokkan ke dalam suatu kelompok yang disebut Siklus Saros.

Sedangkan untuk memprediksi bisnis, kita harus mengetahui terlebih dahulu dengan pasti jenis bisnis yang akan dijalankan, keuntungan dan kerugiannya, tipe bisnis seperti apa, apa yang harus dilakukan dengan bisnis tersebut dan lainnya. Sangat penting untuk melakukan riset pasar (market research) untuk mengetahui apa yang sedang dibutuhkan masyarakat, bagaimana potensi pasar, ada atau tidaknya kompetitor, lokasi usaha dan sebagainya.

Tahukah Sobiz bisnis apa yang paling laris dikala menjelang Gerhana Matahari?

Kacamata

Dikarenakan ini adalah fenomena langka yang tidak datang setahun sekali tentunya semua orang pasti akan antusias untuk melihat fenomena ini, tapi sayangnya gerhana matahari ini oleh para ahli disarankan untuk tidak dilihat menggunakan mata telanjang, melainkan menggunakan kacamata khusus.

Nah dari sinilah bisa diambil peluang usaha membuat kacamata khusus, yang tentunya dengan bahan berkualitas baik sehingga bisa melindungi mata dari paparan sinar ultraviolet.

Mereka rela mengeluarkan sejumlah uang untuk membeli peralatan optik khusus atau sekedar kaca mata hitam untuk melihat gerhana matahari. Akibatnya, permintaan terhadap produk kaca mata hitam dan alat optik tertentu mengalami peningkatan.

Hotel

Bisnis lain yang juga mengeruk keuntungan saat terjadi gerhana adalah hotel di lokasi/titik terjadinya gerhana matahari total. Adanya informasi yang menyatakan bahwa tidak semua lokasi bisa menyaksikan fenomena ini membuat ratusan, bahkan ribuan orang berdatangan ke lokasi yang tepat untuk menyaksikan gerhana matahari ini. Seperti yang dilansir detik.com, sejak 3 hari yang lalu kota Ternate penuh dengan wisatawan dari seluruh dunia yang ingin menyaksikan langsung fenomena langka ini. Hal ini membuat pengelola hotel di Ternate panen, hotel full booked.

Restoran

Dengan datangnya wisatawan ke kota-kota tersebut, dipastikan restoran/tempat makan yang menyajikan kuliner khas daerah pun ramai dikunjungi. Pusat oleh-oleh yang menjajakan berbagai macam kebutuhan para wisatwan pun dipastikan meraup untung, wisatawan lokal maupun mancanegara akan membeli oleh-oleh khas daerah untuk diberikan kepada sahabat atau keluarganya.

Sumber: http://www.smartbisnis.co.id/content/read/belajar-bisnis/inspirasi-bisnis/fakta-mengenai-gerhana-matahari-dengan-bisnis

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s