Seimbangkan Keluarga dan Pekerjaan untuk Hidup Lebih Bahagia

ptg04242087.jpg

Pekerjaan merupakan aktivitas rutin yang dilakukan oleh seseorang, apapun jenisnya, mengandalkan konsep/pemikiran ataupun menggunakan tenaga untuk melakukan pekerjaan. Tetap itu semua namanya pekerjaan.

Kembali ke belakang, di Amerika pada tahun 1950-an, orang pergi bekerja hanya 8 jam sehari, pulang ke rumah kemudian beristirahat. Namun yang terjadi sekarang adalah orang selalu membawa pekerjaan ke rumah. Mereka secara berkala apakah ada email yang masuk ke smartphone mereka, membaca report perusahaan sampai larut malam atau menerima telepon mendadak ketika makan malam!

Ini tidaklah baik untuk kesehatan, harus dimanage antara kehidupan kantor/pekerjaan dan kehidupan untuk keluarga. Anda bisa stres jika tidak bisa mengatur kedua hal ini dengan baik. Tetapi sebelum memperbaiki kualitas hidup keluarga Anda, perbaiki dahulu kualitas kehidupan Anda sendiri.

Lalu bagaimana caranya mengurangi stres yang Anda hadapi? Simak tips berikut.

Diri Sendiri

Meditasi

Meditasi adalah pelampiasan yang sempurna untuk mengurangi stres karena membuat Anda melupakan kehidupan dunia dan membuat Anda tenang. Atur napas dan pikiran Anda, saat itu Anda akan mendapat kedamaian. Cukup 15 menit dan lakukan setiap hari akan membuat kesehatan meningkat dan mengurangi kegelisan Anda.

Yoga

Berbeda dengan meditasi yang pasif, yoga menggabungkan pengaturan nafas dan gerakan tubuh untuk mengurangi stres. Dengan banyak gerakan yang bervariasi, Anda harus fokus pada titik tumpu untuk menjaga keseimbangan tubuh. Inilah yang akan melepas tekanan pekerjaan yang ada pada pikiran Anda. Yoga juga mengandalkan kelenturan badan dengan teknik tertentu yang akan meningkatkan kemampuan Anda untuk mengusir stres.

Olahraga

Tidak harus olahraga berat, bisa juga dengan jalan/jogging. Yang terpenting adalah membuat tubuh Anda bergerak. Olahraga membuat jantung Anda kuat, dengan jantung yang kuat Anda bisa mencegah stres, menguragi rasa gelisah dan mengatasi semua masalah. Olahraga juga bisa menurunkan berat badan, tekanan darah dan membuat Anda berpikir jernih.

Ibadah

Semua agama mengajarkan ibadah sebagai komunikasi antara manusia dengan Tuhan-nya. Keheningan saat beribadah, lantunan doa atau nyanyian yang tujukan kepada Sang Maha Kuasa membuat Anda bisa tenang dan membuat jiwa Anda kuat kembali.

Bernyanyi

Cara ini bukanlah treatment umum untuk mengusir stres dan gelisah, namun terkadang berhasil. Ketika Anda bernyanyi, diri Anda ‘menyatu’ dengan musik. Pilihlah lagu dan artis favorit Anda, itu akan membersihkan masalah yang sedang Anda hadapi.

Akupuntur

Akupuntur bisa menghilangkan stres dan gelisan dengan metode penekanan pada titik tertentu pada tubuh yang membuat Anda rileks.

Pijatan

Pijatan pada tubuh Anda akan melemaskan otot, ketegangan otot ditimbulkan karena stres dan rasa gelisah.

Keluarga

Jika Anda bisa mencegah stres dan gelisah, tubuh Anda sudah siap untuk menghadapi permasalahan yang timbul di rumah atau kantor. Anda bisa menerima keluhan anak Anda dan Anda berpikir itu bukanlah sekadar kritik, Anda lebih terbuka dan mengambil solusi terbaik. Dalam pekerjaan, Anda bisa fokus pada pemecahan masalah dan apa yang dibutuhkan agar tugas bisa selesai sesuai tenggat waktu.

Bersama keluarga, ada beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi stres.

Fun time!

Jadwalkan satu hari atau satu malam dala satu minggu untuk berkumpul bersama keluarga. Matikan smartphone dan perangkat elektronik lainnya. Lakukan hal yang menyenangkan bersama keluarga. Setiap minggu, setiap anggota keluarga bisa menentukan ide apa yang akan dilakukan. Misal menonton dvd film favorit di rumah, datang ke pasar malam, dan lain-lain.

Makan malam bersama

Sebisa mungkin makan malam bersama anggota keluarga di rumah secara rutin. Ini adalah waktunya bagi semua anggota keluarga untuk berkumpul dan berinteraksi. Fokuslah pada anggota keluarga dan makanan.

Diskusi/sharing

Ajak diskusi seluruh anggota keluarga. Suami/istri atau anak Anda bisa menentukan topik yang ingin dibahas, pilihlah topik yang ringan dan menarik, misal film bioskop terbaru, olahraga atau bahkan bisa sharing mengenai mimpi anak Anda.

Liburan keluarga

Kegiatan ini akan mengambil penghasilan Anda, tetapi Anda dan anak Anda membutuhkan ini. Rencanakan liburan ke suatu tempat yang menyenangkan dan membuat rilex. Jikapun Anda tidak bepergian, Anda bisa juga mengajak keluarga Anda berkeliling daerah sekitar rumah untuk mengadakan kegiatan bersama.

Mengurangi stres dan gelisah sangatlah penting untuk menjaga keseimbangan antara kehidupan keluarga dan kantor.  Lakukan hal ini agar Anda bisa menghilangkan energi negatif yang ada dalam diri Anda dan mengubahkan menjadi hal positif. (nas)

Sumber: http://www.smartbisnis.co.id/content/read/belajar-bisnis/inspirasi-bisnis/seimbangkan-keluarga-dan-pekerjaan-untuk-hidup-lebih-bahagia

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s