Perizinan UMKM dan Startup Menjadi Fokus Pemerintah

faa073000358.jpg

Salah satu indikator dari kokohnya perekonomian negara adalah indeks kemudahan berbisnis yang merupakan tonggak awal bagi para investor untuk menanamkan modalnya di Indonesia. Hal ini juga yang menjadi perhatian pemerintah saat ini. Untuk tahun 2015, peringkat kemudahan berbisnis (easy of doing business) berada di peringkat 109, naik 11 peringkat dari tahun 2014 yang menempati peringkat 120.

Satu upaya yang dilakukan untuk menaikan peringkat yaitu dengan merevisi regulasi baru yang terkait dengan pendirian Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Selama tahun 2015, pemerintah menargetkan untuk menerbitkan 508.500 izin usaha mikro kecil (IUMK). Namun, hingga di ini realisasi penerbitan IUMK hanya mencapai 164.768 IUMK.

“Langkah-langkah menyelesaikan persoalan koperasi, usaha mikro kecil dan menengah wajib lebih terarah. Salah satunya dengan membantu mempermudah izin usaha mikro, kecil dan menengah,” ujar Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Kamis (10/3/2016).

Ada dua kebijakan yang akan mengalami perubahan. Kebijakan pertama yaitu menjalankan sinkronisasi peraturan perundang-undangan dengan menjalankan amandemen terhadap pendelegasian wewenang yang ada di Peraturan Presiden Nomor 98 tahun 2014 mengenai perizinan mikro dan kecil. Padahal kebijakan kedua yaitu membagikan kemudahan startup berbasis IT yang feasible namun bankable.

“Kebijakan pemerintah wajib menyeluruh kendati implementasinya kita sesuaikan dengan kemampuan pemerintah daerah. Bisa dipilih sentra-sentra UKM sehingga hasilnya lebih terukur,” tutup Darmin. (nas)

Sumber: http://www.smartbisnis.co.id/content/read/berita-bisnis/umum/perizinan-umkm-dan-startup-menjadi-fokus-pemerintah

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s