Puspayoga: KUR adalah Solusi dari Permasalahan UKM

419540_02593612112015_puspayoga2.jpg

Sebagai salah satu bank pemerintah penyalur Kredit Usaha Rakyat (KUR), Bank Mandiri harus bisa mendorong para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk memanfaatkan KUR yang merupakan program pemerintah untuk mendorong sektor usaha mikro, kecil dan menengah. Hal itu diungkapkan Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga pada dalam acara Gerakan Kewirausahaan Nasional 2016.

Bank Mandiri merupakan salah satu bank terdepan yang memprioritaskan untuk membantu sektor kecil. Sejak tahun 2007 banyak program yang diselenggarakan oleh Bank Mandiri, misalnya seminar, inkubator, atau pelatihan UKM. Namun Puspayoga belum cukup puas.

“Saya pesan kepada bapak Dirut, bagi UKM yang sudah ikut pengembangan program Mandiri bisa diberikan KUR itu untuk memfasilitasinya, karena mereka sudah mendapat pelatihan. Karena dia sudah tau caranya,” kata Puspayoga, Rabu (9/3/2016).

Puspayoga menjelaskan, hadirnya KUR merupakan jawaban bagi keluhan pelaku usaha khususnya UKM yang terkendala dalam hal permodalan. Terlebih bunga KUR saat ini telah diturunkan menjadi 9 persen. Bunga rendah akan semakin memudahkan pelaku UKM.

“Jadi hitungannya sederhananya kalau dulu bunga Rp 22 ribu sekarang Rp 9 ribu, berarti Rp 13 ribu sudah ada untung dari bunga. Belum dari margin untung usahanya. Sekarang bank sudah siapkan dana sampai Rp100 triliun. Manfaatkan itu,” ujarnya.

Puspayoga juga menegaskan, pihaknya akan fokus mencapai target penyaluran KUR 2016 sebesar Rp100 triliun terlebih dadulu dan melakukan langkah-langkah percepatan penyaluran KUR. Setelah itu, target mulai mencapai 100%, baru dirasa menjadi momen yang pas untuk mengkaji kemungkinan menaikkan target KUR.

Selain bank BUMN seperti Mandiri, BNI dan BRI, OJK juga sedang memproses bank bank pembangunan daerah (BPD) yang akan memperkuat dua BPD yang sudah lebih awal ditunjuk sebagai penyalur KUR yaitu BPD NTT dan BPD Kalbar.

Dengan BPD yang akan ditambah sebagai penyalur KUR, Puspayoga optimis mereka akan membantu secara signifikan penyaluran KUR yang selama ini dipikul tiga bank BUMN dan dua bank swasta lainnya yaitu Bank Maybank dan Bank Sinar Mas.

Pihaknya juga susah menyiapkan beberapa koperasi besar yang akan ditunjuk sebagai penyalur KUR. Saat ini sudah dua koperasi besar yang mendaftar yaitu Kospin Jasa Pekalongan dan Koperasi Sido Giri Pasuruan. (nas)

Sumber: http://www.smartbisnis.co.id/content/read/berita-bisnis/umum/puspayoga-kur-adalah-solusi-dari-permasalahan-ukm

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s