5 Alasan Berkata YA akan Merusak Bisnis Anda

CdquKzJWwAQBRrs.jpg

Kata ‘Ya’ bisa menjadi kata yang membahayakan dalam hidup Anda. Itu bisa mengurangi produktivitas dan mempengaruhi kesehatan Anda. Kita ambil contoh apa yang dilakukan Bob dalam bisnisnya. Dia selalu mengatakan ya terhadap semua permintaan karena dia butuh uang untuk hidup. Bob sangat senang dengan berkata itu. Masalahnya adalah dia selalu berkata ‘ya’ kepada setiap orang yang berada di sekitarnya , bahkan ketika dia kekurangan uang. Pada akhirnya setelah bertahun-tahun dia tetap bekerja sepanjang waktu hanya untuk membayar tagihan dan membiayai hidup. Dia ingin berhenti, tetapi ingin tetap berkata’ya’.

Berkata ‘ya’ kepada setiap client yang potensial seperti melakukan hal baik yang akan berefek buruk terhadap bisnis Anda. Seperti dilansir lifehack.org, ada 5 alasan berkata YA akan merusak bisnis Anda.

1. Anda bekerja bukan berdasarkan kekuatan Anda

Kita tahu Anda ingin membantu setiap orang dan kita selalu dilatih untuk berkata ‘YA’. Jawaban ‘ya’ membuat Anda bekerja bukan dengan kekuatan Anda. Jika Anda sedang bersantai di kantor, kemudian tiba-tiba ada seseorang yang meminta Anda untuk membawakan kursi untuk meeting, apa tindakan terbaik Anda untuk perusahaan? Anda bisa saja lebih berguna untuk mereka dengan bekerja di bagian logistik. Berkata ‘tidak’ terhadap kesempatan yang datang kepada Anda seperti berkata ‘ya’ saat kesempatan yang datang sesuai dengan kekuatan Anda.

2. Anda tidak memiliki kebebasan

Jika Anda selalu berkata ‘ya’ kepada setiap orang yang meminta bantuan akan membuat Anda tidak memiliki kebebasan dalam hidup. Hidup Anda seperti dalam ruangan ketika berkata YA. Jika Anda berkata ya kemudian datang kesemptan yang luar biasa datang menghampiri seperti undangan untuk meeting dari petinggi perusahaan dalam jamuan makan malam, Anda tidak lagi memiliki kebebasan dan bisa tidak mengatakan ya tanpa perasaan kecewa.

3. Menurunkan kredibilitas Anda

Seperti dalam contoh poin 2 diatas. Jika Anda berkata ya terhadap undangan meeting dan kenyataannya Anda tidak hadir dalam meeting tersebut, dan hal itulah yang akan menghancurkan kredibilitas Anda. Hal terburuk adalah ketika Anda menyadari bahwa urusan pekerjaan Anda akan menguras tenaga dan pikiran Anda. Dengan begitu Anda menjadi orang yang tidak selalu mengikuti kata hati.

4. Tidak ada batasan

Dalam suatu pertemuan, ada perkumpulan bisnis yang membutuhkan jasa sukarelawan. Perkumpulan bisnis tersebut menanyakan ke setiap orang apakah bersedia untuk menjadi sukarelawan. Kepada setiap setiap orang yang berkata tidak mereka langsung meninggalkannya. Untuk yang berkata ‘tidak’, ada masalah dalam batasan. Akan menjadi terkenal jika Anda mengganggu mereka, bahkan ketika berkata ya. Beberapa bulan kemudian, mereka tetap  mengganggu dia, dan dia sangat benci menghabiskan waktu dengan mereka. Dengan berkata tidak terhadap banyak hal bisa membuat batasan yang artinya orang lain bisa menghormati hal kita. Jika ya katakan ya, jika tidak katakan tidak.

5. Mematikan produktivitas Anda

Hal yang hebat bukan menjadi penurut? Orang lain akan tahu jika Anda membutuhkan sesuatu dan masalah selesai. Namun apakah masalah akan benar-benar selesai? Bagaimana dengan tangung jawab Anda? Apakah masalah selesai dengan mengabaikan dibanding orang lain? Betapa stresnya Anda dengan semua hal yang dilakukan.

Jadilah seperti Bob

Bill memiliki seorang teman bernama Bob. Bob selalu berkata ya pada awalnya sampai dia menemukan hal yang salah/tidak sesuai. Penting bagi Bob untuk meninggalkan semua urusan pekerjaan dan mulai untuk berkata tidak terhadap klien. Bob mulai menolak terlibat dalam proyek yang tidak menarik atau berkata tidak terhadap proyek yang yang tidak sesuai kriterianya.

Beberapa tahun berselang, Bob bekerja untuk klien yang dia sukai; proyek yang menarik dan dengan bayaran yang sesuai. Seiring berjalannya waktu, Bob juga saat ini menjadi memiliki banyak waktu untuk keluarga dan mengerjakan hal yang berbeda diluar pekerjaan. Sesuatu yang berbeda membuat Bob bahagia.

Jika Anda ingin seperti Bob, berhentilah berkaya ya terhadap semua hal. (nas)

Sumber: http://www.smartbisnis.co.id/content/read/belajar-bisnis/5-alasan-berkata-ya-akan-merusak-bisnis-anda

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s