Gaji yang Sesuai, Motivasi Utama Produktivitas Pekerja?

berita-bisnis-gaji-yang-sesuai-motivasi-utama-produktivitas-pekerja.png

Banyak hal yang bisa membuat seseorang betah di pekerjaannya. Budaya dan lingkungan tempat kerja, benefit lain di luar gaji, work-life balance, adalah beberapa hal yang bisa menjadi motivasi para pekerja. Namun, sebelum bergerak ke hal-hal tersebut, ada satu hal lagi yang dianggap sebagai faktor utama dibalik produktifitas pekerja yang baik, yaitu penghasilan yang cukup dan sesuai dengan keahlian dan pekerjaan mereka.

Sebagai pelaku bisnis, mempekerjakan orang-orang yang tepat adalah hal yang bijak dilakukan, dibanding hanya memilih asal pekerja. Hal bijak lainnya adalah, memberikan mereka gaji yang yang sesuai. Mengapa? Karena gaji yang sesuai dapat meningkatkan semangat dan motivasi pekerja. Hasilnya, bisnis kamu berjalan lancar, target pendapatan pun tercapai.

Meskipun data yang ada saat ini mengatakan, bahwa sangat sulit untuk mencari pekerja profesional, yang sesuai dengan kriteria mereka. Bahkan ketika tempat bisnis kamu berhasil mendapatkannya, dan cukup sulit untuk mempertahankan mereka. Masalah pembayaran atau gaji, biasanya, selalu menjadi permasalahan utama.

Bagaimana jika ingin menaikkan gaji mereka? Sebelum menaikkan gaji, sudah seharusnya para pemiliki bisnis atau para pemimpin, mencari tahu terlebih dahulu mana pekerja yang memiliki peforma yang terbaik, yang bisa menjadi nilai bagi perusahaan dan menjadi contoh bagi pekerja lainnya.

Thehrdigest.com melakukan survei untuk mengetahui alasan utama yang memberikan motivasi tertinggi bagi para pekerja, hasilnya terungkap bahwa 78 persen pekerja mengatakan gaji adalah “cambuk” utama mereka dalam bekerja.

Berbeda dengan Thehrdigest.com, mengutip dari Liputan6.com, hasil survei yang dikeluarkan oleh Karir.com mengungkap bahwa lingkungan kerja menjadi hal utama yang dapat membuat seorang pekerja bertahan dengan pekerjaan yang dimilikinya. Sebanyak 37,8 persen responden mengaku bahwa mereka akan memilih bekerja di tempat yang sama apabila lingkungan kerjanya cocok dengan kondisi mereka.

Dalam laporan yang berjudul Salary Benchmark Insight 1.2 tersebut, Karir.com melibatkan 37 ribu responden yang tersebar di seluruh Indonesia. Survei ini dilakukan untuk meneliti sikap dan motivasi pegawai dalam bekerja.

Hasil survei tersebut menuturkan beberapa faktor lain yang dibutuhkan pekerja, yang juga bisa memotivasi produktivitas pekerja dan membuat mereka betah. Antara lain, jalur karier yang jelas dan lokasi pekerjaan.

Sebanyak lebih dari 20 ribu atau 37,3 persen responden menuturkan bahwa mereka akan bekerja di perusahaan apabila melihat jalur karir yang jelas. 13 persen responden mengaku lokasi menjadi pertimbangan utama dalam memilih pekerjaan.

Dan berikut beberapa fasilitas yang menjadi pertimbangan para pekerja sebelum mengambil atau meninggalkan sebuah pekerjaan:

  • Masuk kerja setengah hari di akhir pekan (biasanya Sabtu)
  • Asuransi kesehatan
  • Fasilitas gym atau fitness centre
  • Kebijakan pakaian di tempat kerja (casual dress code)
  • Parkir gratis
  • Makan siang gratis
  • Massages
  • Fasilitas antar – jemput (transportasi)
  • Ruang khusus untuk istirahat

Sebenarnya, masih ada faktor lain yang bisa memotivasi pekerja, karena motivasi bagi tiap pekerja berbeda-beda, seperti gratis biaya melanjutkan pendidikan, pemimpin yang mengayomi, hingga jenis pekerjaan dan tantangan yang mereka sukai.

Ada ungkapan, “If you pay peanuts, you’ll get monkeys.”. Ungkapan itu seperti bisa digunakan bagi para pemimpin atau pemilik bisnis ketika merekrut para pekerja. Memang tidak selalu benar, namun pada beberapa kasus atau beberapa perusahaan, ungkapan tersebut sangat cocok. Bagaimana menurut kamu?

Sumber: http://www.smartbisnis.co.id/content/read/berita-bisnis/gaya-hidup/gaji-yang-sesuai-motivasi-utama-produktivitas-pekerja

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s